Monday, November 5, 2007

SUMBER DAYA ALAM-POTENSI PETERNAKAN

SUMBER DAYA ALAM


POTENSI PETERNAKAN

Potensi peternakan yang dapat dikembangkan di Kawasan Sabang adalah ternak unggas, khususnya ayam ras dan itik. Jenis peternakan unggas ini meskipun diusahan secara tradisional, tetapi mencakup peternak yang cukup luas dan dapat membantu perekonomian rakyat setempat. Arah pengembangan peternakan unggas ini sebaiknya dengan pola PIR-NAK yang dapat membantu kebutuhan permodalan kerja dan pembangunan sarana peternakan bagi para petani tingkat menengah ke bawah dengan unit usaha 1000-5000 ekor /petani satu siklus pengusahaan.

Jenis peternakan ruminant seperti lembu, kambing dan kerbau banyak diusahakan penduduk sebagai usaha sampingan. Mengingat pemasaran ternak besar ini cukup potensial terutama untuk wilayah Aceh, Medan dan sekitarnya, maka usaha peternakan besar ini dapat ditingkatkan baik dari segi budidaya, ketrampilan petani, kelembagaan maupun permodalan yang diperlukan petani.

Pengadaan balai-balai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat menjadi hal yang penting untuk diupayakan. Di samping itu, peningkatan akses masyarakat kepada sumber permodalan juga perlu dilakukan dalam rangka peningkatan sektor peternakan. Berdasarkan hal di atas maka sektor peternakan meskipun bukan sektor unggulan, tetapi dapat ditimgkatkan perannya menjadi sektor yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui usaha PIR, dan bantuan permodalan lainnya.